Biliverdin adalah

Sistem Ekskresi Pada Manusia (Materi Lengkap)

Patologi Kadar bilirubin dalam serum dipengaruhi oleh metabolisme hemoglobin, fungsi hati dan kejadian-kejadian pada saluran empedu.

Disebut juga sebagai pangkal esophagus. Bilirubin unconjugated disebut dengan bilirubin bebas, bilirubun pre hepatic atau bilirubin reaksi tidak langsung kemudian dibentuk dari biliverdin.

Ikterus akibat hiperbilirubinemia terkonjugasi biasanya lebih kuning dibandingkan akibat hiperbilirubinemia tak terkonjugasi. Mengedarkan Air: Kernikterus atau bilirubin ensefalopati timbul akibat penimbunan bilirubin tak terkonjugasi pada daerah ganglia basalis yang banyak mengandung lemak.

Sel-sel lain yang terdapat dalam dinding inusoid adalah sel fagositik. Share to. Arteri yang terbesar dan berdekatan dengan jantung disebut aorta. Hepar berfungsi: Beberapa penyebab lazim ikterus hemoltik adalah hemoglobin abnormal hemoglobin S pada anemia sel sabiteritrosit abnormal sferositosis herediterantibodi dalam serum inkompatibilitas Rh atau tranfusi atau akibat penyakit auto imunpemberian beberapa obat dan peningkatan hemolisis.

Hiperbilirubinemia tak terkonjugasi dan ikterus menghilang bila obat pencetus dihentikan. Penurunan ekskresi bilirubin terkonjugasi Gangguan ekskresi bilirubin, baik yang disebabkan oleh faktor fungsional maupun obstruktif, terutama menyebabkan terjadinya hiperbilirubinemia terkonjugasi.

Serum akan berubah menjadi keruh setelah kita selesai makan, karen bagian darah yang membawa sari-sari makanan adalah serum.

Peredaran darah yang melawati seluruh tubuh. Keping Darah trombosit: Pada orang dewasa, pembentukan bilirubin yang berlebihan yan berlangsung kronis dapat menyeabkan terbentuknya batu empedu yang mengandung sejumlah besar bilirubin diluar itu hiperbilirubinemia ringan umumnya tidak membahayakan.

Proses deaminasi menghasilkan amonia yang bersifat racun.

ANATOMI FISIOLOGI HEPAR

Pencernaan berlangsung secara mekanik dan kimia, dan meliputi proses berikut: Tempat tersimpannya cadangan sel darah. Ambilan oleh sel hati memerlukan dua protein hati, yaitu yang diberi simbol sebagai protein Y dan Z.

Hiperbilirubinemia toksik adalah gangguan fungsi hati karena toksin seperti chloroform, arsfenamin, asetaminofen, carbon tetrachlorida, virus, jamur dan juga akibat cirhosis. Besi mengalami beberapa kali reaksi reduksi dan oksidasi, reaksi-reaksi ini memerlukan oksigen dan NADPH.

Penyakit kekurangan darah yang disebabkan oleh jumlah sel darah merah jauh dibawah normal atau rendahnya kadar Hb dalam sel darah merah.

Manisfestasi klinis Tampak ikterus; sclera, kulit atau kulit dan membrane mukosa. Bilirubin unconjugated tidak dieksresikan kedalam empedu, kecuali setelah proses foto-oksidasi atau fotoisomerasi lihat pembahasan berikut.

Bilirubin conjugated yang tidak dapat meninggalkan sel hati melalui rute normal akan masuk sinusoid darah dan berakhir pada sirkulasi umum. Menjaga Agar Suhu Tetap Stabil: Terimakasih atas perhatiannya.

Penyakit ini termasuk jenis penyakit menurun. Haemolysis akut parah b.

TRY OUT EKSKRESI

Permukaan posterior hati berbentuk cekung dan terdapat celah transversal sepanjang 5 cm dari system porta hepatis. Lesi intrahepatik seperti hepatoma kadang-kadang dapat menyumbat duktus hepatikus kanan atau kiri 4. Makanan kemudian bercampur dengan saliva sebelum ditelan menelan.

Didalam hati bilirubin dilepaskan dari albumin dan selanjutnya mengalami konjugasi dengan Asam glukoronat membentuk ester Bilirubin monoglukoronat atau Bilirubin diglukoronat BDG yang dikenal dengan nama Conjugated Bilirubin CB.

Pembuluh Limfa: Biliverdin inilah yang mengalami reduksi dan menjadi bilirubin bebas. Semua sistem pencernaan itu akan bekerja sesuai dengan tugasnya, namun tetap saling berkaitan untuk mencerna semua makanan yang masuk ke tubuh.Biliverdin adalah pigmen kehijauan yang dibentuk melalui oksidasi bilirubin.

Fungsi Hati dalam Sistem Ekskresi

Bilirubin tak terkonjugasi Bilirubin tak terkonjugasi larut dalam lemak, tidak larut dalam air, dan tidak dapat diekskresi dalam empedu atau urine. Langkah oksidasi yang pertama adalah biliverdin yang dibentuk dari heme dengan bantuan enzim heme oksigenase yaitu suatu enzim yang sebagian besar.

7 terdapat dalam sel hati, dan organlain. Pada reaksi tersebut juga terbentuk besi yang digunakan kembali untuk membentuk hemoglobin dan karbon monoksida (CO) yang diekskresi kedalam paru.

Biliverdin kemudian akan direduksi menjadi bilirubin. DARAH Darah adalah suspensi dari partikel dalam larutan koloid encer yang mengandung elektrolit. Berguna sebagai medium pertukaran antara sel-sel yang terfiksasi dari tubuh dan lingkungan luar, serta memiliki sifat-sifat protektif terhadap organisme sebagai.

Pigmen empedu yang dibentuk adalah biliverdin,tetapi ini dengan cepat direduksi menjadi bilirubin bebas, yang secara bertahap akan di lepaskan kedalam plasma. bilirubin bebas bergabung dengan sangat kuat dengan albumin plasma dan di transport dalam.

Urinalisis adalah tes yang dilakukan pada sampel urin pasien untuk tujuan diagnosis infeksi saluran kemih, batu ginjal, skrining dan evaluasi berbagai jenis penyakit ginjal, memantau perkembangan penyakit seperti diabetes melitus dan tekanan darah tinggi (hipertensi), dan skrining terhadap status kesehatan umum.

Fungsi Dan Metabolisme Bilirubin Dalam Tubuh

Pengertian ekskresi adalah pengeluaran zat-zat sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak berguna bagi tubuh. Zat-zat sisa itu berupa urine (dikeluarkan oleh ginjal), keringat (dikeluarkan oleh kulit), empedu (dikeluarkan oleh hati), dan karbondioksida CO 2 (dikeluarkan olehparu-paru).

Biliverdin adalah
Rated 5/5 based on 8 review